Tips Trik Android Baru 2019
Cara memperbaiki hp mati total karena terkena air baterai tanam

Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air Biar Tidak Korslet

AndroidBaru.info – Bagaimana cara mengatasi HP kena air baterai tanam alias non removable battery? Sebenarnya sederhana, yang diperlukan hanyalah kesabaran. Intinya jangan pernah mencoba langsung menyalakan HP sesaat setelah tercebur ke air, apalagi air laut.

Dengan beberapa tips anda bisa memperbaiki HP mati karena terkena air sebelum ke tukang servis. Apapun merk, tipe ataupun sistem operasi ponsel, baik itu Android maupun smartphone iPhone dapat lakukan tips berikut.

Cara Mengatasi HP Terendam Air Tipe Baterai Tanam

Buat anda pemilih ponsel batere non removable dan kemasukan air atau tergenang air, bisa ikuti tips trik di bawah ini untuk mengatasinya:

  1. Langsung matikan HP jika masih hidup. Lepas penutup apapun yang bisa dilepaskan (jika ada).
  2. Keringkan sebisanya menggunakan kain lap kering dan bersih.
  3. Angin-anginkan HP pada suhu yang hangat dan berangin, jika punya gunakan hair dryer.
  4. Genggam HP pada satu arah posisi, lalu kibas-kibaskan untuk membuang cairan yang masuk di dalam melewati celah yang ada.
  5. Jika sudah terasa agak kering, tanamkan HP ke beras kering.
  6. Akan lebih bagus jika anda gunakan silica gel untuk ‘mengubur’ ponsel agar cepat kering.
  7. Bersabarlah menunggu hingga beberapa jam.
  8. Jangan pernah mencoba menghidupkan HP sebelum yakin kering betul.
Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air Biar Tidak Korslet dan Hidup Normal Lagi

Pada langkah ke-3, kalau anda tidak punya pengering rambut, Anda juga bisa memanfaatkan kipas angin dengan jarak 30 cm-an.

Sebaiknya, setelah ditanam di beras, jangan terus nyalakan HP. Namun, silakan berdirikan HP pada posisi lubang charger (atau lobang apapun yang ukurannya lebih besar) di bagian bawah.

Diamkan HP dalam posisi berdiri hingga seharian atau semalaman. Nantinya anda akan tahu ketika air muncul atau memang sudah benar-benar kering.

Artikel lain dengan topik “Baterai”

Apabila yakin kering luar dalam, silakan tekan Power untuk menyalakan. Untuk menghindari cidera yang mungkin terjadi, jauhkan dari wajah atau bagian badan sensitif anda lainnya ketika mencoba menyalakan ponsel. Karena hal yang dikhawatirkan adalah terjadinya korsleting dan yang lebih parah mungkin dapat meledakkan HP.

Biarkan ponsel yang habis kena air tersebut hidup sampai baterai lemah (low battery). Baru setelah tersisa sekira 5% baterai (jangan sampai habis), silakan coba isi ulang baterai HP anda. Jika bisa, biarkan sampai terisi penuh.

Sampai pada proses ini, maka anda akan bisa mengetahui apakah HP yang terkena air bakal hidup normal lagi atau rusak dan mati total. Demikianlah cara mengatasi hp baterai tanam kena air supaya tidak sampai mati total.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air Biar Tidak Korslet silakan tulis melalui Formulir Kontak. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya dalam 24-48 jam.