Tips Trik Android Baru 2019
cara kalibrasi baterai android secara manual

Cara Kalibrasi Baterai Android secara Manual

AndroidBaru.info – Pernahkah anda mengalami kondisi dimana baterai hp menunjukan indikator full 100 persen. Tapi tiba tiba baru digunakan sebentar hp sudah mati? Artinya kamu harus mengetahui cara kalibrasi baterai android secara manual.

Tentu hal ini sangat menjengkelkan. Bisa jadi penyebabnya karena terjadi kerusakan pada baterai. Lalu, bagaimana solusinya?

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tidak akuratnya informasi indikator baterai ini. Yakni salah satunya dengan melakukan kalibrasi pada baterai.

Fungsi Kalibrasi Baterai Android

Dengan mengkalibrasi baterai, akan membantu memperbaiki sistem informasi indikator baterai. Jadi, informasi berapa daya tersisa pada baterai akan akurat.

Namun tentu saja, kalibrasi baterai tidak bisa untuk memperbaiki kinerja baterai yang seiring waktu dayanya menurun. Untuk masalah satu ini adalah wajar pada setiap baterai hape, solusinya adalah menggantinya dengan baterai yang baru jika ngedropnya sudah parah.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Cara kalibrasi baterai android secara manual.  Cara ini berguna untuk memperbaiki sistem informasi baterai hp anda. Sehingga tidak mengganggu produktivitas dan aktivitas ketika anda menggunakan hp. Nah, langsung saja, simak selengkapnya penjelasanya berikut ini.

Baca juga Cara Menghemat Baterai Android 100% Ampuh Tanpa Root.

Bagaimana Cara mengkalibrasi baterai hp android secara manual?

Baterai hp android anda error?  Informasi yang ditampilkan tidak sesuai?  Ini adalah hal umum yang biasa dialami pengguna.  Karena memang seiring waktu kondisi baterai hp bisa saja bermasalah seperti yang tadi disebut. 

Jangan dulu membawanya ke konter atau pusat servis.  Karena anda bisa mengatasi masalah ini sendiri secara manual,  yaitu dengan melakukan kalibrasi batre.

Android Baterry Reset No Root

Nah,  artikel kali ini akan membahas tentang tips mengkalibrasi baterai android secara manual dengan mudah.  Fungsi kalibrasi baterai adalah untuk memperbaiki sistem informasi baterai sehingga data persentase baterai kembali akurat. 

Hal ini perlu dilakukan karena seiring waktu,  baterai android bisa mengalami masalah seperti ketidakakuratan informasi baterai.  Selain masalah kinerja baterai yang menurun. 

Baca juga Tips Mempercepat Pengisian Baterai Android.

Namun untuk diketahui,  kalibrasi baterai tidak bisa perbaiki kinerja baterai. Biasanya ketika kinerja baterai menurun anda bisa menggantinya dengan baterai yang baru. Untuk lebih jelasnya,  Simak selengkapnya berikut ini.

Baterai pada hp fungsinya vital.  Tanpa baterai hp tidak nyala. Begitu juga pada perangkat elektronik kebanyakan menggunakan baterai. 

Seiring waktu,  baterai hp bisa mengalami berbagai masalah.  Selain biasanya drop atau kinerja daya baterai menurun, masalah lainnya adalah data baterai tak terbaca secara akurat.

Misalnya,  pada hp anda menginformasikan baterai masih 90 persen.  Namun ternyata setelah digunakan,  malah langsung mati.  Ini berarti baterai mengalami masalah pada sistem informasinya, sehingga perlu perbaikan.

Untuk memulihkan akurasi informasi baterai,  maka diperlukan langkah kalibrasi. Kalibrasi ini fungsinya tidak bisa tingkatkan kinerja baterai.  Hanya bisa memulihkan sistem informasi pada baterai menjadi akurat kembali.

Nah berikut ini cara mengkalibrasi hp android secara manual yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah,  tak perlu ke konter. Baik dengan cara root maupun tanpa root,  simak selengkapnya berikut ini.

Cara Kalibrasi Hp Android Secara Manual

Cara Kalibrasi Baterai Android secara Manual

Cara kalibrasi baterai Android secara manual dan biasa diterapkan yaitu tanpa root hp.  Caranya, dengan mengisi baterai sampai penuh kemudian mencabut cas. Untuk selengkapnya,  berikut ini langkah langkahnya :

1.       Langkah pertama :habiskan baterai hp sampai hp mati.

2.       Langkah kedua : cas baterai tanpa menghidupkan hp sampai full 100 persen.

3.       Langkah ketiga :Cabut cas hp dan nyalakan hp.  Kalau hp tidak kunjung penuh, cas lagi sampai full.

4.       Langkah keempat  biarkan hp tetap nyala. Cabut cas dan lakukan restart.

5.       Langkah kelima : cas lagi kalau baterai belum juga penuh 100 persen.

6.       Langkah keenam : sebaiknya ulangi tips ini sampai baterai full 100 persen setelah hp di restart tanpa terkoneksi ke cas.

7.       Langkah ketujuh :biarkan hp tak terisi ulang hingga baterai kosong dan mati sendiri.

8.       Langkah kedelapan :isi baterai sampai full sekali.

Catatan Penting Saat Melakukan Kalibrasi Baterai Android Secara Manual

Nah, itulah cara kalibrasi baterai Android manual tanpa akses root yang mudah dilakukan. Untuk diperhatikan,  sebaiknya jangan lakukan proses kalibrasi secara berulang ulang karena bisa memicu rusaknya hape.

Nah itulah tadi Cara kalibrasi baterai android secara manual dengan mudah. Anda bisa melakukanya sendiri dirumah. Dengan mengkalibrasi baterai, akan bantu memperbaiki sistem informasi dan indikator baterai yang eror. Namun harus diketahui, cara ini tidak membantu meningkatkan kinerja baterai. Karena seiring waktu kinerja baterai akan menurun.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Kalibrasi Baterai Android secara Manual silakan tulis melalui Formulir Kontak. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya dalam 24-48 jam.