Tips Trik Android Baru 2016
Cara Mengatasi Android Mati Total Soft Brick dan Hard Brick

Cara Mengatasi Android Mati Total Soft Brick dan Hard Brick

AndroidBaru.infoSmartphone Android memang bisa menjadi teman setia untuk pemiliknya. Oleh karenanya, sangat disayangkan apabila sudah mempunyai HP Android kesayangan namun akhirnya mengalami Android mati total dan tidak mau nyala sama sekali. Sehingga, diperlukan sebuah tutorial gambaran cara mengatasi Android mati total sendiri sebelum dibawa ke tukang servis HP.

Advertisement

Android mati total (matot) atau semi-total sebenarnya memiliki istilah ‘medis’, dan terbagi menjadi dua: (1) soft brick, dan (2) hard brick.

Sesuai dengan istilahnya, soft brick bisa diartikan sebagai Android mati sebagian atau masih mau nyala meski hanya kadang-kadang saja, atau sudah hidup mati sendiri ๐Ÿ˜€ Biasanya sih hanya sampai di layar animasi awal, booting lalu stuck. Sedangkan untuk hard brick bisa diartikan sebagai HP Android mati total dan tidak mau menyala sama sekali.

Cara Mengatasi Android Mati Total Sendiri

Sebagai informasi, apabila smartphone dan tablet Android anda masih dalam jangka waktu garansi resmi, alangkah baiknya segera bawa Android ke service center untuk mengklain garansi. Pasalnya, beberapa merek Android memilih mengganti baru selama kondisi Android yang mati total dapat diterima oleh sistem garansi pabrik.

Nah, dikumpulkan dari berbagai sumber di internet, inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi Android mati total, baik itu softbrick maupun hardbrick. Namun perlu diingat bahwa, melakukan tindakan sendiri tanpa ketrampilan di bidang teknis Android bisa saja justru akan lebih merusak perangkat anda ๐Ÿ˜‰

Cara Memperbaiki Soft Brick Android

Langkah-langkah di sini menggunakan smartphone Samsung dengan Odin sebagai tool-nya!

Penting!

Apa yang dimaksud Download Mode? Apa juga Flashing Android? Baca di Cara Install Ulang Android

Cara Mengatasi Android Mati Total Soft Brick dan Hard Brick - Download Mode and Flashing

  1. Masuk ke Download Mode, yakni dengan kondisi Android anda terhubung ke PC komputer atau laptop memakai kabel data. Ikuti langkah-langkah berikut:
    • Matikan telepon sampai Anda mendapatkan layar pengisian baterai.
    • Tekan Volume Up, Volume Down dan tombol Power sekaligus terus-menerus beberapa detik.
    • Segera setelah layar berubah hitam, lepaskan tombol Power.
  2. Lepaskan HP Android dari USB cable dari PC.
  3. Buka / jalankan Odin dengan hak Administrator untuk Windows selain XP.
  4. Pasang di Android anda dalam kondisi Download Mode, yakni menggunakan kombinasi tombol Volume Bawah + Power ditekan bersamaan beberapa detik.
  5. Update Android dengan ODIN SOFTWARE, yaitu lakukan flash ulang dengan stock firmware Androidnya.
    • JANGAN MENGGUNAKAN .PIT SAAT FLASH.
    • JANGAN CEKLIS “REPARTITION”.

Cara Memperbaiki Hard Brick Android

Akan dijelaskan secara sederhana bagaimana cara mengatasi hardbrick di Android, yakni tanpa aplikasi bantu dan dengan software bantu, sebagai berikut!

Cara Mengatasi Android Hard Brick Tanpa Aplikasi

Tips 1: Lepas kartu SIM, SD card, dan baterai Android anda. Diamkan Android sekitar 10-20 menit. Setelah itu, pasang kembali dan coba nyalakan Android. Jika berhasil menyala dan bisa masuk ke Download Mode, segera lakukan Flashing.

Tips 2: Lepas kartu SIM, SD card, dan baterai lalu hubungkan Android anda ke PC komputer melalui kabel USB. Tekan yang lama pada tombol Power dan tombol Volume Up + Volume Down sampai terdengar bunyi “beep” di komputer. Jika tidak terdengar tanda bunyi, tekan terus hingga 1-3 menit, lalu pasang baterai. Segera coba masuk ke Download Mode. Jika berhasil segera lakukan Flashing.

Tips 3: Lepas kartu SIM, SD card, dan baterai Android anda. Diamkan Android anda selama 2-3 HARI. Setelah itu, coba nyalakan. Atau masuk ke Download Mode. Jika bisa menyala, lakukan Flashing Android anda.

Cara Mengatasi Android Hardbrick dengan One Click Unbrick

  1. Install Java di PC komputer anda. [Download Java Terbaru]
  2. Instal OneClickUnbrick ke komputer juga. [Download OneClickUnbrick]
  3. Hubungkan Android anda dengan kabel data ke PC komputer atau laptop.
  4. Jalankan software One Click Unbrick di komputer anda.
  5. Klik tombol Unsoft Brick dan tunggu hingga muncul pesan error-nya.
  6. Setelah muncul tanda error, pilih “Resolution Center“.
  7. Klik Extract Current Folder di folder “heimdall“.
  8. Salin file “One-click Unbrick” dan “One-click Loader” yang sudah diunduh ke folder “heimdall“.
  9. Klik kanan pada “One Click Loader“, lalu pilih Run as Administrator (jika tidak pakai Windows XP).
  10. Klik Unsoft Brick lagi, maka akan muncul pesan error lain. Biarkan saja.
  11. Restart komputer anda.
  12. Lepas kabel data, kartu SIM, SD card, dan baterai Androidnya.
  13. Setelah dilepaskan semua, pasang baterai saja.
  14. Coba masuk ke Download Mode dengan menekan 3 tombol, yakni Volume Down + Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Apabila penyebab Android mati total milik anda berada pada bagian sistem atau software Android, maka kemungkinan besar dengan mengikuti dan mempraktekkan langsung langkah di atas Android akan dapat hidup kembali.

Namun jika memang kerusakan pada bagian hardware, maka sebagaiknya anda bawa ke tukang servis HP atau pergi ke service center terdekat.

Demikianlah tutorial Android lengkap tentang cara mengatasi Android mati total akibat softbrick dan hardbrick. Meski sepertinya sangat panjang, namun jika anda langsung ikut mempraktekan, maka akan terasa singkat. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Mengatasi Android Mati Total Soft Brick dan Hard Brick silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.