Tips Trik Android Baru 2018
Cara Mengatasi Android yang Suka Force Close Tanpa Root

Ini Cara Mengatasi Android yang Suka Force Close

AndroidBaru.info – Android merupakan salah satu sistem operasi di smartphone yang paling banyak penggunanya. Secara logika, semakin banyak pengguna, maka semakin banyak pula pengembang yang membuatkan aplikasi dan games. Mulai dari aplikasi yang benar-benar memberi manfaat, sampai aplikasi ‘gadungan’ yang justru bisa saja membuat ponsel menjadi error. Mungkin bagi sebagian pengguna smartphone Android pernah mengalami aplikasi yang sedang dibuka tiba-tiba nutup sendiri. Lagi main game tiba-tiba keluar sendiri mendadak. Atau, saat buka aplikasi tiba-tiba muncul aplikasi gagal dimuat, dan pesan error lain.

Nah, salah satu error yang sering terjadi di Android adalah kejadian force close pada suatu aplikasi. Android yang suka “Force Close” biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya tertulis di bawah ini.

Penyebab Aplikasi dan Game Android Force Close

  1. RAM Penuh: Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kapasitas Random Access Memory di Android semakin sedikit, bahkan penuh. Meskipun Android Anda didukung RAM yang besar hingga 1 GB tapi jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, tentu saja RAM bisa penuh. Apalagi jika RAM Android Anda pas-pasan (di bawah 512MB).
  2. Aplikasi Tidak Kompatibel: Hal ini terjadi saat Anda memasang aplikasi dari sumber lain di luar Play Store. Ketidakcocokan tipe Aplikasi di Android akan mengakibatkan aplikasi tidak bisa di-run oleh sistem Android.
  3. Ada File yang Hilang di Sistem: Kejadian ini jarang ditemui. Tapi jika Anda termasuk yang memiliki HP Android dalam keadaan rooted, sangat bisa hal ini Anda alami. Ya, kadang Anda tidak sengaja menghapus file penting di direktori root Android, sehingga saat ada aplikasi yang membutuhkan file tersebut dan tidak ditemukan, maka aplikasi akan menutup sendiri (stoped).

Bagaimana cara mengatasi HP Android yang suka force close aplikasinya

Aplikasi Android Suka Force Close

Contoh: Aplikasi Android Suka Force Close

  1. Batasi Penggunaan Aplikasi, Widget dan Live Wallpaper
    Jangan terlena dengan kehebatan Android, berbagai macam aplikasi yang ada memang terkadang membuat Anda ingin mencoba, tapi cobalah sewajarnya saja, jika memang itu tidak dibutuhkan, berarti tidak perlu untuk kita pasang, karena kedepannya itu hanya akan menjadi beban Android kesayangan Anda.
  2. Selalu Instal dan Pasang Aplikasi Resmi
    Maksud dari aplikasi resmi di sini adalah aplikasi yang memang bersumber dari pembuatnya. Cara terbaik adalah hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store saja.
  3. Jangan Root Android Jika Tidak Perlu
    Rooting Android memang sudah menjadi kegiatan umum para pengguna Android, tapi me-root ponsel ini juga merupakan hal yang cukup krusial, dimana sistem operasi Android bisa dengan mudah dimodifikasi dengan hak akses penuh.

Tips tambahan bisa dibaca di halaman ini:

  1. Cara Melegakan RAM Android Agar Tidak Lemot
  2. Cara Menambah Kapasitas RAM Android (Tanpa Root/ROOT)
  3. Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot
  4. Penyebab Android Cepat Panas dan Tips Mengatasinya

Namun, ada cara terbaik untuk mengatasi aplikasi Android yang suka Force Close. Yaitu, buka Setelan > Aplikasi, cari nama aplikasi yang suka force close, kemudian pilih bersihkan cache dan Paksa berhenti. Selanjutnya jalankan kembali aplikasi itu.

Demikianlah sedikit trik ringan sebagai cara ampuh mengatasi aplikasi game Android force close alias berhenti sendiri saat dibuka atau dijalankan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Ini Cara Mengatasi Android yang Suka Force Close silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.