Tips Trik Android Baru 2019
Cara Mendinginkan Hp Android yang Panas Banget tanpa ROot

Cara Mendinginkan HP Android yang Cepat Panas dengan Efektif

AndroidBaru.info – Anda mungkin merasa kesal ketika HP Android menjadi panas. Sebab, ketika ponsel terlalu panas biasanya akan berjalan lambat, cepat kehabisan baterai, memperpendek masa pakai atau bahkan meledak. Jadi, tanggapi dengan serius untuk melakukan pencegahannya. Tenang saja, pada kesempatan ini mari dibahas bagaimana cara mendinginkan hp android yang cepat panas.

Biasanya, overhat terjadi setelah ponsel digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi ketika dipakai bermain game secara terus menerus. Bisa juga karena berada di suhu ruangan panas, sehingga ponsel ikut memanas.

Secara umum, panas pada hp android terjadi karena beban kerja yang cukup berat. Tanpa basa-basi, simak deh pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mendinginkan Hp Android yang Cepat Panas Paling Ampuh

Cara Mendinginkan HP Android yang Cepat Panas dengan Efektif

Menutup Program yang Jarang Digunakan

Anda mungkin tidak tahu begitu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel, karena belum pernah menggunakannya. Aplikasi ini tidak hanya mengkonsumsi penyimpanan RAM, tetapi juga mengkonsumsi daya baterai, dan menghasilkan panas dalam pemrosesan yang lama.

Program menjadi tidak ditutup ketika Anda menempelkan tombol Beranda ke halaman beranda belakang sehingga program akan berjalan di latar belakang. Cara mendinginkan HP dengan metode ini sangat mudah yakni :

  • Nyalakan HP Android Anda.
  • Klik tombol “Kanan” atau “Kiri” beranda untuk menutup program.
  • Anda juga bisa klik Keluar dari menu aplikasi untuk berhenti menjalankan program.

Anda mungkin lupa untuk mengakhiri aplikasi, atau tidak punya waktu untuk keluar dari aplikasi. Jika kasusnya adalah banyak aplikasi yang terbuka, Anda dapat sesering mungkin memeriksa ponsel dan menutup aplikasi sekaligus.

Bisa juga gunakan Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik Gratis Populer.

Hapus Malware Dari Ponsel Anda

Malware bisa menyerang ke manapun, jadi berhati-hatilah saat menggunakan ponsel. Ketika ponsel Android Anda terinfeksi oleh virus atau malware jenis lain, maka hal itu akan menyebarkan konten berbahaya, mengirimkan data ke pengembang malware dengan menggunakan sumber daya ponsel. Dengan demikian, ponsel Anda tiba-tiba menjadi panas.

Oleh karena itu, jalankan alat pemindaian virus di ponsel untuk menemukan sumber malware, lalu hapus instalan aplikasi, berikut caranya:

  1. Instal alat anti-malware di Play Store.
  2. Luncurkan aplikasi tersebut dengan menekan “Scan”.
  3. Sering-seringlah memindai ponsel Anda dengan alat anti-malware.
Baca Artikel Terkait

Perbarui Firmware Dan Aplikasi ke Versi Terbaru

Pengembang selalu menawarkan versi firmware baru kepada penggunanya, karena aplikasi atau software yang kedaluwarsa berjalan tidak efisien atau memiliki beberapa bug yang menggunakan prosesor ponsel secara berlebihan. Jika hal itu terjadi, maka tidak heran jika hal itu menyebabkan ponsel Anda terlalu panas.

Untuk mendinginkan ponsel Anda, gunakan cara ini:

  1. Buka “Pengaturan” pada Android Anda.
  2. Setelah itu klik “Tentang Ponsel / Perangkat Saya”.
  3. Klik “Periksa Pembaruan” dan perbarui ponsel Anda jika itu bukan versi terbaru.
  4. Setelah itu mulai ulang ponsel Anda.

Baca juga Cara Upgrade Android.

Menghindari Penggunaan Ketika Sinyal Buruk

Jika sinyal ponsel Anda buruk, ponsel akan berganti ke jenis jaringan yang lebih baik secara otomatis, dan kesulitan menemukan sinyal yang kuat saat Anda menjelajahi internet. Akibatnya, ponsel bekerja lebih keras dan mulai memanas.

Hindari berselancar di internet atau melakukan panggilan saat sinyalnya buruk. Jika Anda didesak untuk menelepon seseorang, cara termudah untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik adalah dengan mengganti tempat, untuk memeriksa apakah Anda menemukan koneksi yang lebih baik.

Solusi lain mungkin anda bisa juga membaca tutorial Mengatasi Android Susah Sinyal.

Beberapa cara di atas adalah solusi umum untuk mengatasi ponsel Android yang panas. Namun, masalah panas berlebih dapat disebabkan oleh pengaturan pribadi. nda dapat mencoba menonaktifkan fitur dan fungsi yang tidak diperlukan, dan memulai ulang ponsel Anda atau pengaturan ulang pabrik untuk memperbaiki masalah.

Jika masalah overheating tidak dapat diperbaiki dengan mencoba semua metode di atas, mungkin saatnya Anda pergi ke reparasi ponsel terdekat. Setidaknya cara mendinginkan hp android yang cepat panas tersebut merupakan langkah pertama untuk mengatasinya.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Mendinginkan HP Android yang Cepat Panas dengan Efektif silakan tulis melalui Formulir Kontak. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya dalam 24-48 jam.