Tips Trik Android Baru 2016
Cara Memperbaiki Kamera Android yang Error atau Rusak

Cara Memperbaiki Kamera Android yang Error atau Rusak

AndroidBaru.info – Kamera Android merupakan perangkat paling banyak digunakan menurut saya. Karena kebanyakan pengguna Android pun memilih smartphone Android pertama kali dilihat dari kemampuan lensa kameranya sebelum ke spesifikasi lain, khususnya bagi para kaum cewek. Dengan begitu, tidak heran jika saat kamera rusak, maka akan terasa sangat berkurang fungsi dari smartphone. Oleh sebab itu, dibuatkan cara memperbaiki kamera Android yang error atau rusak paling mudah dan praktis.

Advertisement

Kamera Android rusak disini didefinisikan sebagai kesalahan software, bukan rusak dalam kondisi hardware, karena jika yang rusak adalah perangkat keras kameranya, bisa jadi anda tidak bisa memperbaikinya sendiri dan harus dibawa ke tukang servis ataupun ke service center resminya.

Namun, jika memang kamera error atau rusak terjadi karena kesalahan software, maka anda bisa mengikuti tips berikut untuk cara memperbaiki kamera Android yang error atau rusak tersebut sendiri tanpa repot-repot pergi ke service center.

Cara Memperbaiki Kamera Android yang Error atau Rusak Termudah

Kesalahan atau error pada kamera Android biasanya adalah “Tidak Bisa Terhubung ke Kamera” / ‘Cannot Connect to Camera‘, “Kamera Gagal ErrorCallbackOnError” / ‘Camera Failed Error CallbackOnError‘, “Warning Camera failed ErrorMessageHandler.handlerMessage (-1)” / ‘Pesan Kesalahan Handler.HandlerMessage(-1)’, dan notifikasi error lainnya.

Cara Memperbaiki Kamera Android yang Error atau Rusak Software Tanpa Root

Jika anda menemukan pesan kesalahan kamera Android seperti atau mirip di atas, coba ikuti trik cara mengatasi kamera Android rusak / error berikut ini, tanpa root:

Tips 1:

  • Cukup restart / reboot / matikan HP Android dan hidupkan kembali. Coba buka kamera lagi.

Tips 2:

  • Buka Setelan atau Pengaturan Android.
  • Pilih Menu Aplikasi / Aplikasi Sistem / Semua Aplikasi.
  • Cari dan pilih Kamera / Camera.
  • Cari dan tekan tombol Hapus Cache, dan/atau Hapus Data (jika ada).
  • (Opsional) Reboot ponsel Android.
  • Coba jalankan kembali kamera Android anda.

Tips 3:

  • Apabila anda telah melakukan root pada Android, bisa jadi terjadi kesalahan antar-aplikasi yang menyebabkan camera app ‘bentrok’ dengan aplikasi lain. Solusi pertama adalah coba instal aplikasi kamera lain dari Play Store, sebut saja sebagai contoh Camera360 Ultimate (atau lainnya).
  • Jalankan aplikasi kamera ‘alternatif’-nya, jika berhasil, maka jelas yang rusak adalah aplikasi kamera default / bawaan Android anda.

Tips 4:

Demikian 4 tips dan trik cara mengatasi kamera Android rusak dan error sistem. Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah di atas dimulai dari “Tips 1” terlebih dahulu.

Lihat Juga: Aplikasi Kamera Tembus Pandang di Android

Semoga dengan adanya artikel cara memperbaiki kamera Android yang error atau rusak dari AndroidBaru.info ini bisa menolong pengguna Android yang sedang mengalami kamera tidak bisa dibuka di HP Android kesayangannya.

Tag: kamera android rusak, kamera tidak bisa dibuka di android, kenapa kamera tidak bisa dibuka, kamera hp android rusak, android rusak software, sistem android rusak, android rusak karena root, cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi, cara memperbaiki kamera android yang buram

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Memperbaiki Kamera Android yang Error atau Rusak silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.