Tips Trik Android Baru 2016
Cara Root Semua Android dengan Kingo Root

Kingo Root, Cara Terbaik Rooting Android

ANDROIDBARU.INFO – “Root” merupakan salah satu istilah terpopuler bagi pengguna Android. Selain untuk iseng-iseng saja, rooting Android bertujuan untuk lebih leluasa mengoprek sistem Androidnya. Akan tetapi, dengan Android berstatus ‘rooted’, ponsel lebih mudah terserang virus dan malware jahat lainnya, dikarenakan sistem Android telah terbuka sepenuhnya.

Advertisement

Untuk membatasi akses penuh itu, disarankan untuk memasang aplikasi pengelola hak akses root, seperti Superuser atau SuperSU.

Selain alasan keamanan, kerugian root Android adalah garansi resmi smartphone menjadi hilang. Akan tetapi, kelebihan yang didapat dirasa lebih besar daripada kerugiannya. Misalnya saja pengguna bisa menghapus aplikasi bawaan (bloatware) yang dianggap tidak berguna dan lainnya.

Nah, artikel ini melanjutkan tutorial sebelumnya yang membahas Cara Root Android Tanpa PC. Di kesempatan ini, dibahas cara muda root HP Android menggunakan software Kingo Root di komputer Windows. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laptop atau komputer Anda, pastikan terhubung dengan koneksi internet, dan download software Kingo Root dari laman kingoapp.com, gratis.
  2. Instal Kingo Root di komputer Anda. Jangan dijalankan dahulu.
  3. Periksa apakah Anda sudah menginstal driver USB Android Anda. Jika belum, caranya cukup mudah tinggal colokkan saja kabel USB dari ponsel ke komputer, maka driver akan terinstal otomatis. Namun biasanya Anda juga perlu menginstalnya dengan mengunduh software driver dari website resminya.
  4. Selanjutnya, di ponsel Anda aktifkan Perunutan USB. Caranya buka Setelan > Opsi pengembang – ON > Perunutan USB – centang. Jika tidak ada menu Opsi pengembang, baca Cara Mengaktifkan Developer Options di Android.
  5. Kondisikan ponsel Android di mode biasa saja (stand-by), tidak perlu download mode atau recovery mode.
  6. Jalankan Kingo Root.
  7. Sekarang sambungkan kabel mini-USB Android ke USB komputer menggunakan kabel pengisiannya.
  8. Tunggu sejenak hingga muncul pesan “Connected!”. Dan status ponsel juga akan muncul.
  9. Klik tombol “ROOT“, dan proses rooting akan berjalan otomatis.
  10. Ponsel Android akan restart otomatis, biasanya aplikasi SuperSU terinstal otomatis.
  11. Cek status root menggunakan aplikasi Root Checker. Jika sudah 100% rooted, tapi aplikasi SuperSU/Superuser belum ada, silakan instal dari Play Store (SuperSU; Superuser).
  12. Selesai.
Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Kingo Root, Cara Terbaik Rooting Android silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.