Tips Trik Android Baru 2016

Cara Mengupgrade Android Apa Saja ke Versi Terbaru

Cara Upgrade Android TerbaruAndroidBaru.info – Bagi anda pemilik smartphone Android yang merasakan performa ponsel kurang memuaskan semakin dipakai, mungkin ada baiknya anda mencari tau bagaimana cara mengupgrade Android ke sistem operasi lebih tinggi atau terbaru.

Advertisement

Bagi pengguna yang suka oprek Android mungkin kegiatan upgrade Android bukan hal susah. Tetapi, untuk pengguna pemula yang bahkan menggunakan HP Android hanya untuk SMS dan telpon, mungkin akan merasa asing dengan istilah upgrade Android, ataupun update sistem Android.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot dan Lag

Oleh karena itu, admin androidbaru.info kali ini mengkhususkan artikel ini untuk para pengguna Android pemula yang merasa sulit untuk mencari cara meng-upgrade Android mereka. Apapun Androidnya, silakan simak langkah di bawah ini untuk melakukan update OS Android ke versi lebih baru, tanpa PC komputer sekalipun.

Secara umum smartphone Android hampir semua vendor dan merek memiliki menu khusus untuk melakukan update software. Dengan menu khusus ini, penggunanya bisa melakukan pengecekan ke server apakah tersedia pembaruan sistem operasi Android atau tidak.

Misalnya begini, saat Anda memakai ICS (v.4) kemudian ternyata vendor merilis Jelly Bean (v.4.1) untuk penggunanya, maka anda juga akan mendapatkan upgrade Android itu. Begitu pun seterusnya seperti KitKat, Lollipop hingga Marshmallow.

Akan tetapi, saat anda kini tengah menggunakan Marshmallow v.6.0 misalnya, dan pihak produsen merilis pembaruan software untuk memperbaiki bug contohnya, maka anda berarti hanya mendapatkan update software (Bukan UPGRADE OS).

Cara Upgrade Android Semua Merek dan Tipe di Indonesia Tanpa PC Komputer

Cara Meng-upgrade Android

  1. Aktifkan koneksi internet di Android anda, bisa pakai data ataupun wifi. Baca: Cara Ubah Sinyal E menjadi H di Android
  2. Buka menu Setelan atau Pengaturan atau Settings, sesuaikan dengan nama menu yang ada di HP Android anda.
  3. Cari menu yang mengandung kata ‘pembaruan’, atau ‘update’. Biasanya menu ini berada di dalam Tentang Ponsel ataupun About Phone.
  4. Tekan menu dengan nama seperti Cek Pembaruan, Pembaruan Android, Software Update, Updater, Pembaruan, dan semacamnya.
  5. Pastikan koneksi internet di HP Android anda lancar, dan tunggu proses pengecekan ke server pusat.
  6. Jika tersedia pembaruan, maka anda akan diminta untuk mengunduhnya. Ukuran file yang di-download tergantung jenis pembaruan yang akan anda dapat.
  7. Saat anda telah selesai mengunduh, biasanya ponsel Android akan minta restart otomatis, tekan OK/Yes saja.
  8. Tunggu proses pemasangan Android baru ke ponsel Anda.
  9. Selesai.

Itulah cara paling umum untuk meng-upgrade Android ke versi terbaru pada semua jenis dan tipe Android merek apa saja khusus untuk pemula.

Sebagai saran tambahan, sebaknya beri tanda centang pada opsi “Cek Pembaruan Otomatis” agar setiap ada rilis update dari produsen smartphone, maka akan otomatis muncul di notification bar Android anda. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Mengupgrade Android Apa Saja ke Versi Terbaru silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.