Tips Trik Android Baru 2016
CARA MENGATASI HP ANDROID YANG CEPAT PANAS

Penyebab Android Cepat Panas dan Tips Mengatasinya

ANDROIDBARU.INFO – Masalah cepat panas pada ponsel canggih mungkin sudah biasa didengar dan dialami oleh pemakainya. Tidak disebabkan karena faktor kelas, spesifikasi dan harganya, hampir semua smartphone memang cepat panas karena kerja dan kemampuannya.

Advertisement

Ya, ponsel pintar memang didesain untuk bisa “bekerja keras” demi kepuasan pemiliknya. Selain hal tersebut, apa lagi yang menjadi faktor HP Android cepat panas? Ini dia diantaranya:

  1. Menggunakan Android Saat Diisi Baterainya
    Saking tidak sabarnya untuk membalas chat, biasanya menjadi alasan mengapa pemakai Android sering menggunakan ponselnya meskipun sedang diisi daya batere. Padahal, sebaiknya ponsel Android dalam keadaan mati saat di-charge.
  2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Waktu yang Sama
    Sering tidak disadari bahwa di proses latar belakang (background process) banyak sekali aplikasi yang tetap berjalan dan memakan ruang RAM diam-diam, meski Anda tidak sedang membukanya. Penuhnya RAM akan membuat Android lemot, sehingga prosesor pun bekerja ekstra dan menghasilkan panas.
  3. Kekuatan Sinyal Kurang atau Tidak Stabil
    Saat Anda berada di jangkauan sinyal yang buruk, sebaiknya gunakan mode 2G Only atau Airplane Mode apabila sama sekali tidak ada jaringan. Ketidaktersediaan jaringan membuat sistem antena Android terus-menerus mencari, dan menimbulkan panas jika tidak menemukan sinyal.
  4. Android Berada di Area yang Panas
    Tidak perlu dijelaskan, jika Android Anda terkena matahari langsung, atau berada di ruang dengan sirkulasi udara minimal, tentu saja ponsel akan cepat terasa panas.

Selanjutnya, bagaimana tips agar Android tidak cepat panas? Nah setelah mengetahui penyebab umumnya, kita bisa menarik kesimpulan untuk dijadikan solusi mengatasi ponsel cepat panas.

  1. Jangan gunakan ponsel Android saat diisi baterai, sebaiknya matikan.
  2. Kurangi jumlah aplikasi yang berjalan, gunakan aplikasi semacam task killer untuk secara otomatis “membunuh” proses aplikasi di latar belakang secara berkala.
  3. Periksa pengaturan pemilihan jaringan Android Anda. Jika di tempat tinggal Anda tidak tersedia jaringan 3G/HSDPA, gunakan mode 2G saja.
  4. Jauhkan ponsel Android dari hamparan panas matahari atau sumber panas lain. Serta jangan letakkan ponsel di tempat yang kurang sirkulasi udara, misalnya di atas kasur busa.
  5. Matikan bluetooth, GPS, kamera saat tidak digunakan.
Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Penyebab Android Cepat Panas dan Tips Mengatasinya silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.