Tips Trik Android Baru 2016
Trik Membuka Android yang Lupa Kode Pola Kunci Layar Tanpa Root

Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci & Password Android

ANDROIDBARU.INFO – Demi alasan keamanan yang lebih baik, banyak pengguna Android yang memilih mengaktifkan fitur kunci layar dengan pola. Fungsi kunci layar telepon Android ini memang terbukti ampuh untuk melindungi tangan-tangan iseng dan nakal yang sering membuka isi smartphone Android Anda.

Advertisement

Dengan menggunakan fitur pola kunci, pengguna merasa lebih aman dan nyaman meletakkan ponsel Android miliknya dimana saja, karena HP terlindungi dengan kode pola yang mengunci layar atau lock screen.

Namun, semakin rumit pola yang dibuat, maka dipastikan semakin bisa terjadi kemungkinan lupa pola yang dibuat sendiri. Kalau sudah seperti ini, biasanya akan muncul kotak/kolom PIN ataupun kata sandi (password) guna membuka kunci tombol secara paksa, alias tanpa pola kunci.

Nah, bagaimana jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti sudah lupa pola, ternyata lupa PIN/password juga?

Berikut ini AndroidBaru.INFO berikat trik ampuh cara mengatasi lupa pola kunci & password Android:

Buka Pola Kunci dengan Akun Google

Secara otomatis, pada umumnya saat terjadi lupa kode pola kunci, sistem Android akan langsung memberi solusi awal untuk mengatasi kuncian pola yang lupa, yakni memberi formulir untuk memasukkan alamat email Gmail beserta kata sandinya untuk membuka layar Android Anda. Ikuti saja langkah demi langkahnya.

Buka Pola Kunci dengan Recovery

Mau tidak mau, jika ternyata password untuk akun email yang Anda pakai tidak diingat, Anda harus pakai cara recovery. Teknik yang digunakan adalah mereset ulang ke setelan pabrik alias factory reset.

Sebagai informasi, dengan melakukan factory reset, artinya HP Android Anda akan kembali ke setelah awal saat seperti baru beli. Dengan demikian, semua data yang tersimpan di dalam memori ponsel akan hilang.

Untungnya, jika Anda telah menggunakan custom recovery seperti CWN Recovery, Anda bisa memasang Aroma File Manager terlebih dahulu untuk mencadangkan (back up) seluruh data yang ada atau langsung hapus kode pola yang tersimpan di database sistem Android yang bernama pattern.db, caranya:

  • Download Aroma File Manager
  • Taruh file hasil download berupa *.zip ke sdcard menggunakan cardreader dari komputer
  • Masuk ke CWM Recovery di Android Anda
  • Mount system, sdcard, data, dll
  • Install zip, misal: aromafm.zip
  • Masuk ke Aroma File Manager
  • Masuk ke /data/system/
  • Hapus file pattern.db
  • Reboot. Kini Android sudah tidak memiliki kode pola kunci.

Namun jika Anda masih pakai stock recovery atau bahkan tidak ada recovery sama sekali, berarti Anda harus mereset secara manual dan hilang semua data di ponsel.

Anda bisa mencoba cara masuk stock recovery di Android yang Anda pakai dengan cara:

Tekan volume up + Power secara bersamaan hingga muncul ikon Android, atau tulisan Recovery Mode.

Di atas hanyalah cara pada umumnya dan sangat bisa berbeda untuk masing-masing tipe Android, sebaiknya Anda cari referensi untuk ponsel yang digunakan.

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, pilih Wipe Data atau Factory Reset. Tombol Home dan/atau power bisa digunakan untuk memilih, dan tombol volume untuk berpindah-pindah. Setelah itu, Reboot.

Semoga tips dan trik di atas bisa digunakan sebagai Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci & Password Android tanpa root maupun dengan root Android.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci & Password Android silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.