Tips Trik Android Baru 2017
Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis Terbaru Lengkap

Cara Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis Tanpa Root

AndroidBaru.info – Punya smartphone Android memang keren. Tapi, pas lagi asik-asiknya dipakai, belum lama sudah kehabisan batere, tentu bikin bete bukan? Memang banyak yang menyebutkan bahwa HP Android itu boros baterai, baterainya cepet abis, dipegang cepat panas, dan kendala lain. Namun, sebenarnya semua itu kembali lagi ke pengguna masing-masing. Bagi admin sendiri, baterai Android yang saya pakai tergolong awet dan tahan lama, bahkan Android tidak panas. Salah satu penyebabnya adalah karena setiap hari saya menggunakan koneksi wifi, sehingga tidak pernah menghidupkan data seluler. Itu salah satu solusinya, lalu, apa saja ya cara baterai Android agar tidak cepat habis lainnya yang bisa dioptimasikan tanpa root? Simak penjelasan berikut.

Advertisement

Seperti ditulis di atas, salah satu cara agar baterai Android awet, hemat dan tahan lama adalah selalu menggunakan koneksi hotspot wi-fi. Lalu, bagaimana jika tidak ada jaringan wifi di sekitar lokasi anda berada? Berikut beberapa poin penting yang sangat berpengaruh dalam upaya baterai Android tidak cepat habis.

Ampuh! Cara Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet Tanpa Root

Cara Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet Tanpa Root

Gunakan Wi-Fi, Kurangi Data Seluler

Apabila memang tersedia jaringan wifi disekitar anda, alangkah baiknya anda untuk mematikan koneksi data untuk ponsel android. Selain akan menghemat daya baterai, kuota internet atau pulsa anda juga akan lebih efisien. Selain itu perlu diingat bahwa selalu matikan salah satu dari fungsi Wifi atau Data agar tidak menyala bersamaan.

Matikan Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi (Sync) akan selalu aktif dan melakukan pembaruan data secara otomatis setiap beberapa menit, atau bahkan beberapa detik sekali. Jika memang anda tidak terlalu membutuhkan pembaruan seperti email dan pembaruan lain yang berkaitan dengan proses sinkronisasi, sebaiknya silakan nonaktifkan fitur ini.

Atur Tipe Jaringan Data

Saat lokasi anda terjangkau sinyal 4G-LTE, atau 3G, biasanya anda akan sangat menikmatinya dengan “memaksa” agar jaringan di Android anda menerima 4G Only, misalnya. Cara ini bisa anda manfaatkan ketika memang anda sedang mendownload file. Namun, saat anda gunakan ketika chatting saja, ada baiknya gunakan sinyal 2G saja agar baterai tidak terkuras dengan cepat. Baca juga: Cara Mengubah Sinyal 3G Menjadi 4G LTE Android Tanpa Root

Nonaktifkan Lokasi GPS

Daripada baterai cepat habis karena posisi lokasi anda sedang tidak diperlukan, matikan saja fitur lokasi atau GPS di Android kesayangaan anda ini. Ketika anda ingin bepergian, barulah anda aktifkan kembali.

Tutup Aplikasi dengan Benar

Kebanyakan pengguna Android tidak memperhatikan bagaimana cara menutup Aplikasi Android yang baik dan benar. Kebanyakan dari anda pasti akan menutup aplikasi atau mungkin bahkan game dengan menekan icon Home. Padahal yang benar adalah dengan menekan tombol Kembali (Back).

Redupkan Kecerahan Layar

Bijaklah mengatur kecerahan layar Android anda. Saat berada di ruangan gelap, silakan anda atur layar anda agar lebih redup. Menurut admin pribadi, sebaiknya gunakan kecerahan manual daripada anda menghidupkan fungsi kecerahan otomatis.

Demikian langkah paling gampang cara baterai Android agar tidak cepat habis yang mudah untuk anda ikuti. Masih kurang lengkap? Yuk baca artikel yang sudah pernah saya kupas mengenai penghematan baterai disini: 15 Cara Menghemat Baterai Android 100% Ampuh.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Cara Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis Tanpa Root silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.