Tips Trik Android Baru 2016
Cara Ampuh Mengatasi Android Suka Reboot Mati Sendiri Tanpa Root

Android Suka Restart Sendiri? Coba baca ini!

ANDROIDBARU.INFO – Perangkat android dibuat dengan teknologi canggih, namun secanggih-canggihnya teknologi pasti juga ada kekurangannya. Termasuk gadget Android yang selalu restart sendiri, sehingga kita dibuat bingung dan pusing dengan masalah tersebut.

Advertisement

Saya sarankan jangan panik karena kemungkinan Android kamu masih bisa diperbaiki atau direparasi. Untuk mengatasi HP Android yang restart atau reboot atau suka mati sendiri, saya akan jelaskan di sini beberapa solusi yang mungkin bisa membantu mengembalikan Android ke kondisi normal.

Tentu banyak hal yang dapat menyebabkan HP Android restart sendiri, dan sebagian mudah diatasi, sedangkan sebagian lainnya cukup sulit.

Bisa jadi tidak bisa diperbaiki sama sekali. Versi OS dan jenis hardware dari ponsel atau tabletnya pun bisa jadi sangat berpengaruh kepada setiap kerusakan yang terjadi.

Berikut ini Penyebab dan Cara Mengatasi Android Restart Sendiri dengan mudah:

  1. Periksa Kondisi Baterai
    Periksa kondisi baterai apakah kondisinya longgar atau tidak, hal ini bisa menyebabkan arus daya dari baterai ke ponsel android terganggu, sehingga bisa menyebabkan android restart sendiri dan penyebabnya keadaan penampang dari casing dapat menjadi longgar dan baterai akan mudah bergeser.SOLUSI:
    Jika karena disebabkan pada penempatan baterai maka kamu bisa menambahkan beberapa helai kertas yang direkatkan di bagian dalam tutup casing. Namun jika disebabkan oleh baterai yang sudah mengelembung maka gantilah dengan yang baru.
  2. Perangkat Android Terlalu Panas
    Kemungkinan kedua, yaitu karena perangkat android terlalu panas sehingga menyebabkan android jadi restart sendiri, di dalam sistem android umumnya terdapat sebuah sistem yang mana dirancang sebagai alarm untuk mematikan perangkat secara otomatis saat terjadi peningkatan suhu yang berlebihan. Penyebab yang pasti adalah karena menggunakan aplikasi secara berlebihan yang dinamakan Multitasking dan juga penggunaan internet memakai jaringan 4G menyebabkan panas jika terlalu lama digunakan, penyebab lainnya bisa karena memakai GPS dan tingkatan cahaya yang full setting.

    SOLUSI:
    Cara mengatasinya yaitu dengan mulai merubah pola pemakaian secara wajar dan tepat sehingga hp android kamu tidak terlalu di porsir, Sobat harus tahu bagaimana OS, mesin, RAM dan hal-hal lainnya pada perangkat sobat, sehingga tidak menggunakannya lebih dari kemampuan yang dimiliki.

    Baca juga: Cara Mengatasi Android yang Cepat Panas

  3. Penggunaan Aplikasi di Belakang Layar
    Penyebab ketiga yang mungkin terjadi adalah karena aplikasi yang bergerak aktif di belakang layar yang bisa saja membuat sistem menjadi error dan membebani sistem kerja android sehingga saat sobat melakukan multitasking maka sistem mesin android akan mudah panas dan memungkinkan perangkat terpaksa mematikan dirinya sendiri secara otomatis dan acak.SOLUSI:
    Cara terbaik yaitu dengan melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi yang jarang dan tidak diperlukan salah satunya adalah games/permainan.
  4. Sistem Software Android Rusak
    Penyebab ke-empat yang bisa terjadi adalah dikarenakan sistem perangkat lunak yang rusak diakibatkan oleh penginstallan rom yang tidak cocok dengan device android sobat, atau mungkin karena proses install ROM android tidak sempurna bisa menjadi android jadi restart sendiri dan kalaupun berhasil menginstall ROM bisa saja hal tersebut mempengaruhi performa dari perangkat. Upgrade rom dari official juga bisa saja penyebabnya karena mungkin proses upgrade corrupt atau tidak sempurna.

    SOLUSI:
    Cara satu-satunya dengan mengembalikan ke ROM aslinya/defaultnya, dengan cara flashing ROM menggunakan firmware sesuai tipe dan model android sobat. atau jika sobat punya back up stock rom tinggal restore saja.

  5. Cacat Pada Hardware Android
    Bila ke-4 poin diatas belum juga berhasil mengatasi android restart sendiri, maka kemungkinan besar masalahnya ada di hardware atau perangkat keras.

    SOLUSI:
    Bawalah ke Service Center atau ke tukang servis ponsel Android terdekat.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Android Suka Restart Sendiri? Coba baca ini! silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.