Tips Trik Android Baru 2016
MEMEX, MEMEK

Sejarah Memex Search Engine

ANDROIDBARU.INFO – Pada dasarnya, hanya ada dua cara agar satu situs muncul sebagai hasil dari mesin pencari. Pertama, jika Anda mendaftarkan situs Anda. Kedua, jika terdapat tautan dalam situs lain ke situs Anda. Artinya, jika Anda tak mengumumkan keberadaan situs Anda, dan tak ada situs yang membuat tautan ke situs Anda, maka situs Anda tak akan terdeteksi oleh mesin pencari biasa.

Advertisement

Seperti dilansir nakedsecurity, Google menyatakan, tujuan mereka adalah untuk “mengumpulkan dan mengelompokkan informasi dari seluruh dunia dan membuatnya dapat diakses oleh semua orang”. Sayangnya, Google masih belum dapat mewujudkan keinginan mulia mereka. Kenapa? Karena Google adalah sebuah perusahaan komersil dan mengumpulkan semua informasi yang ada di internet tak akan memberi mereka keuntungan.

Hal ini berarti masih banyak konten di internet yang sulit untuk diakses oleh orang banyak atau sering disebut sebagai Deep Web. Penghuni Deep Web ini adalah orang-orang yang tak ingin situsnya muncul dalam hasil pencarian Google, seperti teroris, pengedar narkoba, penjual senjata hingga orang yang menjadi bagian dari perdagangan manusia. Ini bukan cerita fiksi, Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat pernah menggerebek situs jual beli narkoba terbesar, Silk Road, pada tahun 2013.

Silk Road yang berdiri pada Februari 2011 memungkinkan pembeli dan penjual memperdagangkan narkoba secara anonim. Sistem pembayarannya pun tak akan terlacak karena menggunakan Bitcoin.

Karena itulah, lembaga riset teknologi di bawah naungan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) bekerja sama dengan 17 perusahaan lain untuk membuat Memex. Seperti yang dikutip dari darpa.mil, tujuan akhir dari pembuatan Memex adalah sebuah metode yang lebih baik untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan topik dan bidang yang seseorang inginkan.

Pada awalnya, DARPA berencana untuk menggunakan Memex untuk menemukan jaringan perdagangan manusia. Meski nantinya diharapkan Memex dapat digunakan dalam segala bidang.

Nama Memex terinspirasi dari artikel berjudul “As We May Think” yang ditulis pada tahun 1945 oleh Vannevar Bush. Ketika itu, Bush membayangkan Memex sebagai sebuah komputer analog yang berfungsi sebagai memori tambahan untuk manusia. Nama Memex sendiri merupakan gabungan dari kata “memory” dan “index”.

Ketika itu, Bush membayangkan memex akan berfungsi untuk menyimpan data mengenai semua informasi yang diketahui seseorang. Sehingga saat seseorang perlu untuk membuat keputusan, memex dapat membantunya untuk memeriksa referensi yang ada untuk membuat keputusan yang terbaik.

Memex yang dibayangkan Bush ini jugalah yang mendorong para peniliti untuk membuat hypertext, internet, komputer, ensiklopedia online dan berbagai teknologi besar baru di bidang IT selama 70 tahun belakangan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau komentar untuk Sejarah Memex Search Engine silakan tulis melalui Formulir Kontak, lewat Facebook Like atau Halaman Google Plus AndroidBaru.info. Harap diperhatikan bahwa pesan Anda akan direspon secepat-cepatnya 24-48 jam.